Kemampuan Literasi Siswa Kelas V dalam Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di SD Negeri 1 Tegalgandu Brebes

Authors

  • Prasetyo Yuli Kurniawan Ilmu Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Subyantoro Subyantoro Ilmu Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Ida Zulaeha Ilmu Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Tommi Yuniawan Ilmu Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Asesmen Kompetensi Minimum; Literasi; Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi siswa khususnya pada SD Negeri 1 Tegalgandu Brebes. Metode penelitian yang digunakan yaitu mixed methods. Kemudian teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, teknik tes AKM, dan teknik wawancara. Teknik analisis data digunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini menunjukan bahwa (1) pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum dilaksanakan dengan mandiri oleh sekolah; (2) kemampuan literasi siswa kelas V di SD Negeri 1 Tegalgandu sejumlah 14 siswa dengan 20 soal diperoleh nilai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebesar 29,45% dengan kategori kurang; (3) beberapa kendala pada pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yaitu pada guru, siswa, dan fasilitas sekolah. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut yaitu dengan melakukan kegiatan seperti Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Pojok Cerita (POCI), kelompok baca tulis siswa, dan pohon/papan literasi. 

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles