Tantangan Kinerja Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Abad 21

Authors

  • Qowi Handiko Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Haryono Haryono Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia

Keywords:

kinerja guru; pengelolaan pembelajaran; keterampilan abad 21

Abstract

Keterampilan abad 21 menjadi isu bersama dalam konteks pengelolaan pembelajaran untuk menghasilkan kualitas peserta didik yang unggul. Setiap proses pembelajaran, guru harus memfasilitasi terciptanya daya dan minat belajar bagi peserta didik, merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan peserta didik agar termotivasi untuk belajar lebih baik. Meskipun sudah beberapa tahun berjalan, implementasi pembelajaran abad 21 yang dilaksanakan melalui beberapa perubahan kurikulum masih belum berjalan dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru dan mengetahui faktor penghambat kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran abad 21. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Objek penelitian adalah RPP yang telah disusun oleh guru peserta pelatihan manajemen pembelajaran madrasah di Kabupaten Jepara Tahun 2022. Data diperoleh melalui studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran abad 21 peserta Pelatihan Manajemen Pembelajaran Madrasah di Kabupaten Jepara Tahun 2022 berkinerja baik. Terkait faktor penghambat kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran abad 21 terdiri dari: lingkungan kerja, kepemimpinan kepala madrasah, motivasi, dan kompetensi. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran dan menjadi hasil temuan ilmiah di bidang administrasi pendidikan sehingga guru sebagai pengelola pembelajaran dan kepala madrasah sebagai pengelola lembaga pendidikan mempunyai gambaran bagaimana mewujudkan pembelajaran abad 21 sehingga mampu menghasilkan peserta didik yang kompetitif dalam menghadapi tantangan global.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles