Globalisasi Pendidik Paud Melalui Budaya Literasi

Authors

  • Ratna Wahyu Pusari Manajemen Pendidikan, Uiversitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Suwito Eko Pramono Manajemen Pendidikan, Uiversitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Fakhruddin Fakhruddin Manajemen Pendidikan, Uiversitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Arief Yuliyanto Manajemen Pendidikan, Uiversitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

globalisasi; pendidik PAUD; literasi

Abstract

Pendidik menjadi tokoh dalam pendidikan terutama pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) karena PAUD merupakan peletak dasar pendidikan guna mempersiapkan anak ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Literasi menjadi salah satu kunci bagi pendidik untuk dapat memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dan bermutu. Mengenalkan literasi sejak usia dini dapat dilakukan oleh orang tua ketika diruman dan pendidik ketika di sekolah. Literasi pada AUD dapat diberikan dalam kegiatan pembelajaran yang diwujudkan melalui kegiatan bermain atau bahkan dalam kegiaatn bermian atau bahkan dalam kegiatan pembiasaan harian. Pendidik di abad 21 harus lebih inovatif dan kreatif dalam menyusun bahan ajar agar lebih bermakna. Untuk kemampuan literasi guru perlu ditingkatkan, baik literasi baca tulis, numerasi, sains, digital, keuangan, budaya.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles