Literature Review : Peran Guru dalam Membangun Ketrampilan 4C Siswa dengan Pembelajaran Berdiferensiasi

Authors

  • Renny Nur Afida Program Studi Magister Pengembangan Kurikulum, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia

Keywords:

Peran Guru; Ketrampilan 4C; Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, ketrampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creativity) menjadi sangat penting untuk dimiliki oleh setiap siswa guna menghadapi persaingan di dunia kerja. Untuk itu, guru memiliki peran penting dalam membangun ketrampilan 4C siswa, salah satu upayanya dengan pembelajaran berdiferensiasi. Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk mereviu bagaimana peran guru dalam membangun ketrampilan 4C siswa dengan pembelajaran berdiferensiasi terutama dengan kurikulum terbaru, yaitu kurikulum merdeka atau merdeka belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan systematic literatur review dengan 10 artikel dari topik yang relevan.  Hasil tinjauan pustaka menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat membangun ketrampilan 4C siswa. Selain itu, peran guru dalam pembelajaran berdiferensiasi juga sangat penting. Guru harus mampu memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, memberikan umpan balik yang konstruktif, dan memberikan dukungan kepada siswa yang membutuhkan. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan membangun ketrampilan 4C siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memperkuat peran guru dalam proses pembelajaran serta memperkaya literatur dalam bidang kajian yang relevan.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles