Penguatan Tata Kelola Unit Aktivitas Mahasiswa Berbasis Edupreneurship Sebagai Upaya Mewujudkan Mahasiswa Unggul dan Berdaya Saing Global

Authors

  • Retno Tri Wulandari Pendidikan Seni, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Muhammad Jazuli Pendidikan Seni, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Agus Cahyono Pendidikan Seni, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Robby Hidajat Universitas Negeri Malang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

tata kelola; aktivitas mahasiswa; edupreneurship

Abstract

Tata kelola merupakan aktivitas pencapaian tujuan dengan memanfaatkan sumber daya manusia maupun sumberdaya lain. Banyak konsep terkait tata kelola pendidikan yang dapat diadopsi untuk memaksimalkan fungsi suatu organisasi kemahasiswaan. Penelitian bertujuan mendeskripsikan tata kelola pendidikan seni pada unit aktivitas mahasiswa berbasis edupreneurship sebagai upaya mewujudkan mahasiswa unggul dan memiliki daya saing global. Metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam upaya mempertahankan eksistensi dari unit aktivitas mahasiswa yang unggul dan berbasis edupreneurship, maka diperlukan sistem tata kelola yang baik yang dapat mengintegrasikan bidang pendidikan seni, budaya dan bisnis. Tata kelola dalam pengembangan unit aktivitas mahasiswa tersebut menggunakan konsep collaborative governance, good governance, pentahelix collaborative, TQM.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles