Team-Based Project Learning dan Critical Thinking Mahasiswa: Sebuah Tantangan Pembelajaran Masa Kini
Keywords:
team-based project learning; critical thinking; implementasi; tantanganAbstract
Critical thinking merupakan sebuah keterampilan mutlak yang harus dimiliki oleh mahasiswa di masa sekarang ini. Hal ini pun seiring dengan mandat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang tertuang dalam IKU (Indikator Kinerja Utama), salah satunya adalah mengadakan proses pembelajaran dengan mengimplementasikan team-based project learning. Metode ini memungkinkan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan bekerja sama, berpikir kritis, berkomunikasi, dan meningkatkan kreativitasnya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana dosen di lingkungan Fakultas Bahasa dan Budaya Asing di Universitas Muhammadiyah Semarang mengimplementasikan team-based project di dalam kelas. Selain itu, penelitian ini mencoba untuk mendeskripsikan tantangan yang dihadapi oleh dosen di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unimus dalam mengimplementasikan team-based project learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 8 (delapan orang) dosen dan 150 mahasiswa di Prodi PBI Unimus. Data dikumpulkan menggunakan angket melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi team-based project learning belum dilaksanakan secara optimal. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya kurangnya pemahaman model pembelajaran TBPjL dan langkah-langkah dalam pembelajaran TBPjL, mahasiswa pasif dalam proses pembelajaran sehingga keterampilan berpikir kritis mahasiswa masih cenderung rendah.