Pendidikan Seni Tari:Proses Kreatif Tari Kreasi Yang Berpijak Pada Tradisi Berdasarkan Unsur-Unsur Pendukung

Authors

  • Rully Rochayati Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia

Keywords:

Proses Kreatif; Unsur Pendukung Tari Tradisi; Tari Kreasi; Dan Pendidikan Tari

Abstract

Tari sebagai bagian dari pendidikan seni didalamnya memuat  materi yaitu tari tradisi, tari kreasi, proses kreatif. Tari tradisi dengan kebakuan dan kepakemannya hingga masa kini dianggap sebagai tarian yang susah untuk dipelajari karena terikat dengan aturan-aturan. Dengan aturan dan kesulitan dalam mempelajari maka sebagian masyarakat lebih memilih tari kreasi sebagai alternatifnya. Proses kreatif tari kreasi yang berpijak pada tari tradisi berdasarkan unsur-unsur pendukung digunakan untuk mempermudah dalam memilah, memilih, menentukan, mengembangkan baik dari segi konsep garapan maupun prosesnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses kreatif tari kreasi dengan pijakan tari tradisi. Menganalisis unsur-unsur pendukung tari yang dapat digunakan dalam membantu ketercapaian proses kreatif. Metode penelitian menggunakan diskritif kualitatif dengan memanfaatkan observasi, wawancara, dokumentasi, dan perekaman dalam pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, klasifikasi data, display data, yang diperkuat dengan metode interpretasi dengan pembagian interpretasi sebagai metode pengungkapan, sebagi metode menerangkan, dan sebagai menerjemahkan. Hasil penelitian adalah penggunaan proses kreatif yang terdiri dari eksplorasi, improvisasi, pemberian bentuk dan evaluasi, ditambahkan dengan pola pengembangan dan variasi, serta struktur keruangan tari lebih memudahkan untuk mewujudkannya. Pola pengembangan dapat dilakukan secara sederhana hingga rumit bergantung dari kemampuan dari pelakunya. Penetapan unsur-unsur pendukung tari yang lengkap turut menentukan arah bentukan tari kreasi tersebut.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles