Peran Kepala Sekolah dan Komunitas Belajar dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Pendidik

Authors

  • Sandra Titihalawa Menajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang. Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Titi Prihatin Menajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang. Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Suwito Eko Pramono Menajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang. Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia

Keywords:

Kepala Sekolah, Komunitas Belajar, Kompetensi Pedagogik

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam mengelola komunitas belajar sehingga dapat meningkatkan komptensi pedagogik pendidik dilingkungan SMA Gabungan. Data diperoleh melalui angket, observasi dan wawancara. Analisis data meliputi analisis hasil angket yang diisi oleh 19 pendidik dilingkungan SMA Gabungan, ujiĀ  normatif untuk setiap variabel, dan uji korelasi untuk variabel peran komunitas dan kompetensi pedagogik menggunakan tools SPSS 25. Peran kepala sekolah dianalisis melalui dokumen laporan pelaksanaan komunitas belajar. Hasil penelitian yang diperoleh melaluiĀ  Uji Korelasi menghasilkan nilai r = 0,707 mendekati 100%, hasil analisis ini dapat diartikan bahwa hubungan antara komunitas belajar dan peningkatan kompetensi pedagogik cukup kuat. Komunitas belajar dan kompetensi pedagogik memiliki hubungan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa Kepala sekolah mampu mengelola komunitas belajar sehingga menjadi wadah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles