Supervisi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani

Authors

  • Shutan Arie Shandi Pendidikan Olahraga/Universitas negeri semarang, Jl. Kelud Utara III Petompon, Gajahmungkur Semarang Indonesia

Keywords:

Supervisi Kolaboratif; Kompetensi Guru

Abstract

Supervisi pembelajaran bertujuan membantu guru dalam meningkatkan kompetensinya, mendorong proses pembelajaran yang berkualitas, dan memberikan bantuan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Artikel ilmiah ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana supervisi pembelajaran dapat meningkatkan profesionalisme guru. Penulisan artikel menggunakan metode studi literatur dengan menggunakan penelitian konseptual dan teori. Studi literatur menggunakan lima jurnal sebagai bahan kajian. Tahapan dalam penulisan studi literatur mencakup seleksi topik, pencarian literatur, pengembangan pendapat, survei literatur, kritik literatur, dan penulisan review. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa penerapan pendekatan supervisi kolaboratif dapat meningkatkan kompetensi profesional guru. Proses supervisi kolaboratif terdiri dari tahap pra-supervisi, supervisi, dan pasca-supervisi. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan supervisi kolaboratif meliputi dukungan kepala sekolah, partisipasi guru, dan keterampilan supervisi kolaboratif yang dimiliki oleh supervisor. Selain itu, kolaborasi antara guru dan supervisor dalam melakukan refleksi dan tindakan perbaikan juga dapat meningkatkan efektivitas supervisi kolaboratif. Oleh karena itu, pendekatan supervisi kolaboratif dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kompetensi profesional guru.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles