Implementasi Rasch Model dalam Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik

Authors

  • Slamet Maulana Pendidikan IPA, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Gedung A Kampus Pascasarjana Jl Kelud Utara III, Semarang 50237, Indonesia
  • Ani Rusilowati Pendidikan IPA, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Gedung A Kampus Pascasarjana Jl Kelud Utara III, Semarang 50237, Indonesia
  • Sunyoto Eko Nugroho Pendidikan IPA, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Gedung A Kampus Pascasarjana Jl Kelud Utara III, Semarang 50237, Indonesia
  • Endang Susilaningsih Pendidikan IPA, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Gedung A Kampus Pascasarjana Jl Kelud Utara III, Semarang 50237, Indonesia

Keywords:

Rasch Model; Instrumen Tes Diagnostik; IPA; Kurikulum Merdeka

Abstract

Keberadaan kurikulum merdeka memberikan alasan untuk segera dilakukan penelitian baru. Dimana pada standar penilaian kurikulum merdeka, guru wajib untuk melakukan diagnostik kognitif awal peserta didik sebelum proses pembelajaran dimulai. Namun demikian, hasil observasi di lapangan menunjukan masih terbatasnya instrumen tes diagnostik. Selain itu, IPA menjadi salah satu mata pelajaran yang perlu menjadi fokus. Kompetensi peserta didik dalam penguasaan konsep IPA masih terbilang rendah. Pengembangan instrumen tes diagnostik pada materi IPA menjadi salah satu kebutuhan dewasa ini. Rasch model menjadi salah satu model analisis yang dapat digunakan untuk mengetahui kelayakan suatu instrumen. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik pada materi IPA melalui implementasi Rasch Model. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Adapun model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Hasil implementasi Rasch Model menunjukan bahwa instrumen tes diagnostik pada materi IPA yang telah dikembangkan adalah valid dari segi konten maupun konstruk, serta reliabel. Berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan yang telah diuraikan, penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa produk pendidikan berupa instrumen tes diagnostik pada materi IPA layak digunakan untuk digunakan pada khalayak umum untuk mendiagnosis pengetahuan awal peserta didik pada materi IPA.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles