Inovasi sebagai Perspektif Produk Layanan dalam Menciptakan Budaya Prestasi Internasional

Authors

  • Sri Lestari Manajemen Kependidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Titi Prihatin Manajemen Kependidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia

Keywords:

inovasi layanan , produksi bersama , budaya prestasi

Abstract

Inovasi  pendidikan memiliki peran vital dalam memaksimalkan potensi yang dimiliki siswa menjadi sebuah prestasi. Selama ini inovasi pendidikan banyak berkutat pada hal pedagogi, teknologi , atau aturan  dalam organisasi. Artikel bertujuan untuk melihat inovasi pendidikan dari perspektif produk layanan yang diproduksi secara bersama dan interaksi bersama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus di SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan inovasi layanan yang diberikan meliputi  pengajaran dan pola latihan prestasi, interaksi siswa, hubungan antar guru, interaksi orang tua, ekstrakurikuler, apresiasi sekolah , produksi bersama dinas  pendidikan dan perusahaan terkait. Inovasi layanan yang diproduksi bersama multiagen mampu meningkatkan prestasi sampai pada level internasional. Inovasi layanan menjadi hal penting dalam melihat sisi lain inovasi, yang dapat  berpengaruh pada pembentukan karakter dan budaya prestasi siswa. Implikasi manajerial dan kebijakan dalam meraih prestasi siswa bisa dipandu dengan menggunakan prinsip inovasi ramah layanan.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles