Karakterisasi Instrumen Tes Keterampilan Proses Sains pada Bahan Kajian Fluida Dinamis Berdasarkan Teori Tes Klasik
Keywords:
keterampilan proses sains; karakterisasi tes; teori tes klasikAbstract
Keterampilan proses sains (KPS) merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa karena mendukung keterampilan abad 21. Keterampilan proses yaitu keterampilan menemukan dan mengembangkan sendiri terkait fakta dan konsep serta menumbuh kembangkan sikap dan nilai yang dianut. Dibutuhkan alat ukur yang valid dan reliabel untuk mengetahui capaian aspek keterampilan proses sains tersebut. Penelitian ini menggunakan desain konstruksi dan validasi tes. Proses konstruksi menghasilkan tes keterampilan proses sains (KPS) dalam bentuk uraian pada bahan kajian Fluida Dinamis dengan mengukur lima aspek keterampilan proses sains (KPS) yang terdiri dari mengobservasi, memprediksi, berhipotesis, menghitung dan menyimpulkan. Pada proses validasi ahli didasarkan pada penilaian uji validasi dari enam orang ahli dan uji coba tes terhadap 164 siswa kelas XI SMA di Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes KPS dapat dikatakan valid ditinjau dari dua analisis, yaitu analisis menggunakan validitas isi V aiken’s dan analisis dengan teori tes klasik (CTT). Hasil analisis menunjukkan bahwa pada tes KPS menunjukkan 3 soal dengan daya sukar yang mudah dan 1 soal dengan kategori sedang. Hasil analisis fungsi informasi, tes KPS pada materi fluida dinamis yang telah dikonstruksi valid dan reliabel sehingga dapat digunakan untuk partisipan dengan kemampuan rendah sampai tinggi.