Pendidikan Seni Berbasis Masyarakat: Sebuah Pewarisan, Apresiasi, Arena Ekspresi Kreatif
Keywords:
CBAE; Pewarisan; Kreativitas; Merdeka BelajarAbstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis pendidikan seni berbasis masyarakat: sebuah pewarisan, apresiasi, arena ekspresi kreatif. Masalah difokuskan pada merdeka belajar: inovasi pembelajaran seni tari dalam membangun karakter kreatif melalui pendidikan seni berbasis masyarakat pada sanggar seni. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan konsep dari Sugiarto menegaskan bahwa paradigma pendidikan seni berbasis masyarakat dilatarbelakangi oleh keyakinan mendasar bahwa pendidikan sebagai dasar demokrasi, ini merupakan respon atau penolakan terhadap sistem pendidikan yang kaku di lembaga pendidikan. Metode penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Kajian ini menyimpulkan bahwa desain inovasi pembelajaran seni tari yang apresiasi, kreatif dan mengikuti perkembangan zaman dalam konsepsi merdeka belajar diwujudkan dengan memberikan ruang belajar yang leluasa sehingga peserta didik merdeka dalam berpikir, berimajinasi, berkreasi serta bebas berkreativitas sesuai bakat dan minat peserta didik.