Pendidikan Seni Berbasis Masyarakat: Sebuah Pewarisan, Apresiasi, Arena Ekspresi Kreatif

Authors

  • Treny Hera Program Studi Pendidikan Seni, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

CBAE; Pewarisan; Kreativitas; Merdeka Belajar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pendidikan seni berbasis masyarakat: sebuah pewarisan, apresiasi, arena ekspresi kreatif. Masalah difokuskan pada merdeka belajar: inovasi pembelajaran seni tari dalam membangun karakter kreatif melalui pendidikan seni berbasis masyarakat pada sanggar seni. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan konsep dari Sugiarto menegaskan bahwa paradigma pendidikan seni berbasis masyarakat dilatarbelakangi oleh keyakinan mendasar bahwa pendidikan sebagai dasar demokrasi, ini merupakan respon atau penolakan terhadap sistem pendidikan yang kaku di lembaga pendidikan. Metode penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Kajian ini menyimpulkan bahwa desain  inovasi  pembelajaran  seni  tari  yang  apresiasi,  kreatif  dan mengikuti perkembangan    zaman    dalam    konsepsi    merdeka    belajar    diwujudkan    dengan  memberikan   ruang   belajar   yang   leluasa   sehingga   peserta   didik   merdeka dalam   berpikir, berimajinasi,  berkreasi serta  bebas  berkreativitas  sesuai bakat  dan  minat peserta didik.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles