Literature Review: Pentingnya Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Peserta Didik di Era Globalisasi

Authors

  • Ulin Nuha Sun’an Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Supriyadi Supriyadi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Saiful Ridlo Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Wahyu Lestari Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Keywords:

instrumen; penilaian; karakter; peserta didik

Abstract

Berdasar pada fenomena perilaku peserta didik era globalisasi informasi dan berbagai kendala guru dalam penilaian karakter maka sangat penting melakukan pengembangan instrumen penilaian karakter peserta didik di era globalisasi. Literatur review bertujuan: memberi gambaran yang jelas akan pentingnya melakukan penilaian karakter terhadap peserta didik; sebagai informasi awal bagi guru, lembaga pendidikan, dan pemerintah dalam rangka pengembangan pendidikan karakter; juga sebagai referensi bagi siapapun yang akan melakukan penelitian karakter siswa selanjutnya; lebih dari itu, sebagai informasi yang bisa memacu guru, lembaga pendidikan, dan pemerintah untuk sejauh mana tingkat kepentingan dalam mengembangkan instrumen penilaian karakter, juga sebagai bahan untuk memahami pentingnya melakukan penilaian terhadap karakter peserta didik. adanya instrumen penilaian karakter tersebut dapat membantu kesulitan yang dihadapi guru. Penelitian ini menggunakan literature review yaitu menganalisis artikel-artikel yang sesuai tema dengan kesimpulan bahwa pengembangan instrumen penilaian karakter peserta didik di era globalisasi menjadi sangat penting.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles