Implementasi Problem Based Learning Berbantuan E-modul Untuk Optimalisasi Berpikir Geometris

Authors

  • Venissa Dian Mawarsari Mahasiswa Program Doktor Pendidikan Matematika, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Gunung pati, Kota Semarang, 50229, Central Java, Indonesia
  • YL Sukestiyarno S3 Pendidikan Matematika, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Gunung pati, Kota Semarang, 50229, Central Java, Indonesia
  • Scolastica Mariani S3 Pendidikan Matematika, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Gunung pati, Kota Semarang, 50229, Central Java, Indonesia
  • Iwan Junaedi S3 Pendidikan Matematika, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Gunung pati, Kota Semarang, 50229, Central Java, Indonesia

Keywords:

berpikir geometris; Problem-Based Learning; berpikir geometris; e-modul; van hiele

Abstract

Geometri merupakan materi matematika terkait dengan kehidupan sehari-hari. Geometri adalah cabang matematika yang dapat menghubungkan matematika dengan bentuk nyata. Ketika belajar geometri maka kemampuan berpikir geometri akan muncul. Namun terjadi permasalahan dalam upaya peningkatan berpikir geometris siswa, sehingga perlu adanya desain pembelajaran sebagai solusinya. Dessain pembelajaran yang tepat adalah model Problem Based Learning (PBL) berbantuan e-modul, sehingga tujuannya adalah mengoptimalkan berpikir geometris siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MT Muhammadiyah 03 Ngargosari, sedangkan sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VIII A dan VIII B yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan metode kuantitatif . Penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Intrumen yang digunakan adalah tes berpikir goemetris. Hasil penelitian ini adalah 1). Adanya implementasi model PBL berbantuan media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan geometris dengan indeks N-Gain 0,68 dengan kategori kenaikan sedang, 2). Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan geometris kelas yang diajar dengan menggunakan model PBL berbantuan media pembelajaran dibandingkan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian untuk kedepan dapat mengembangkan suatu model pembelajaran yang khusus untuk meningkatkan kemampuan geometris.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles