Literatur reviu : Kompetensi Konselor dalam Memberikan Layanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Neurocounseling di Sekolah

Authors

  • Veny Mulyani Program Studi Doktoral Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Semarang. Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Anila Umriana Program Studi Doktoral Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Semarang. Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Sri Rejeki Program Studi Doktoral Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Semarang. Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia

Keywords:

konselor sekolah, kompetensi; neurocounseling

Abstract

Neurocounseling sangat perlu dihadirkan dalam suasana sekolah, dalam praktik bimbingan dan konseling sekolah, guna mencetak generasi penerus bangsa yang sehat mental dan memulihkan hubungan yang terjadi antara konselor sekolah dan siswa yang selama ini masih diwarnai ketakutan dan kecemasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kompetensi konselor dalam menerapkan layanan bimbingan dan konseling berbasis neurocounseling. Metode penelitian menggunakan metode literature review. Hasil penelitian jurnal dalam rentan waktu 6 tahun terakhir yaitu 2017-2022 dan didapatkan 2 artikel kompetensi konselor dalam menerapkan layanan bimbingan dan konseling berbasis neurocounseling di USA.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles