Rekonstruksi Pembelajaran Bahasa Prancis di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP)

Authors

  • Wahyu Indrayatti S3 Ilmu Pendidikan Bahasa Pascasarja, Universitas Negeri Semarang, Jl.Kelud Utara III, Petompon, Gajah Mungkur, Semarang 50237, Indonesia
  • Ida Zulaeha S3 Ilmu Pendidikan Bahasa Pascasarja, Universitas Negeri Semarang, Jl.Kelud Utara III, Petompon, Gajah Mungkur, Semarang 50237, Indonesia
  • Tommi Yuniawan S3 Ilmu Pendidikan Bahasa Pascasarja, Universitas Negeri Semarang, Jl.Kelud Utara III, Petompon, Gajah Mungkur, Semarang 50237, Indonesia
  • Diah Vivi Widayanti S3 Ilmu Pendidikan Bahasa Pascasarja, Universitas Negeri Semarang, Jl.Kelud Utara III, Petompon, Gajah Mungkur, Semarang 50237, Indonesia

Keywords:

bahasa prancis pariwisata ; sekolah tinggi pariwisata

Abstract

Bahasa Prancis tujuan khusus merupakan salah satu bahasa asing yang dipelajari mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP). Penelitian ini merupakan  studi kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara pada  pengajar Bahasa Prancis Pariwisata dan Perhotelan di tiga Sekolah Tinggi Pariwisata yaitu Akademi Politeknik Indonesia, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, dan Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta. Dari hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa hasil belajar mahasiswa bahasa Prancis Pariwisata dan Perhotelan  belum sesuai dengan harapan.Hal tersebut disebabkan beberapa hal diantaranya ialah, mahasiswa merupakan pembelajar pemula yang  belum pernah belajar  bahasa Prancis, kompetensi sasaran tinggi, alokasi waktu yang disediakan minim, keterbatasan bahan ajar yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mahasiswa, perkuliahan bahasa Prancis masih didominasi materi bahasa Prancis Umum. Pengajaran bahasa Prancis dengan tujuan khusus harus mempertimbangkan kebutuhan pembelajar, durasi pembelajaran, evaluasi  pembelajaran spesifik dan motivasi profesional pembelajar. Untuk itu, dengan mempertimbangkan situasi tersebut, perlu adanya rekonstuksi pembelajaran bahasa Prancis dengan memfokuskan perkuliahan bahasa Prancis pada pembelajaran kemampuan berbicara sesuai dengan situasi komunikasi profesional jurusan, penggunaan aplikasi belajar bahasa Prancis melatih mahasiswa belajar secara mandiri, penyusunan bahan ajar bahasa Prancis untuk kemampuan berberbicara bahasa Prancis Pariwisata dan Perhotelan, penerapan model pembelajaran praktek berbicara, dan pemanfaatan media digital untuk memfasilitas  mahasiswa belajar berbicara bahasa Prancis. Manfaat penelitian dapat digunakan sebagai masukan dalam menata kembali perkuliahan bahasa Prancis Pariwisata dan Perhotelan  di STP

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles