Ragam Kesalahan Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi pada Siswa SMA Berdisposisi Matematis Tinggi
Keywords:
analisis kesalahan; soal literasi numerasi; disposisi matematik; Newman Error AnalysisAbstract
Literasi numerasi siswa Indonesia berdasarkan hasil PISA masih dalam kategori rendah sehingga diperlukan perhatian. Hasil kerja siswa dalam memecahkan soal literasi numerasi perlu dianalisis lebih dalam sehingga dapat diketahui di bagian mana siswa melakukan kesalahan dan paling membutuhkan penanganan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk kesalahan yang dilakukan siswa SMA berdisposisi matematis tinggi dalam memecahkan soal literasi numerasi. Subjek dalam penelitian kualitatif deskriptif ini adalah 1 siswa SMA Negeri di salah satu kota di wilayah Jawa Tengah yang memiliki disposisi matematis tinggi. Pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Analisis kesalahan yang diteliti berdasarkan Newman Error Analysis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa subjek penelitian melakukan seluruh jenis kesalahan, namun paling banyak melakukan kesalahan membaca, kesalahan memahami soal, dan kesalahan keterampilan proses.