Ragam Kesalahan Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi pada Siswa SMA Berdisposisi Matematis Tinggi

Authors

  • Wulan Izzatul Himmah Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Saidatina Sulasdini Universitas Islam Negeri Salatiga, Jalan Lingkar Salatiga KM. 02, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50716, Indonesia
  • Kartono Kartono Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Masrukan Masrukan Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Nuriana Rachmani Dewi Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Bambang Eko Susilo Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia

Keywords:

analisis kesalahan; soal literasi numerasi; disposisi matematik; Newman Error Analysis

Abstract

Literasi numerasi siswa Indonesia berdasarkan hasil PISA masih dalam kategori rendah sehingga diperlukan perhatian. Hasil kerja  siswa dalam memecahkan soal literasi numerasi perlu dianalisis lebih dalam sehingga dapat diketahui di bagian mana siswa melakukan kesalahan dan paling membutuhkan penanganan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk kesalahan yang dilakukan siswa SMA berdisposisi matematis tinggi dalam memecahkan soal literasi numerasi. Subjek dalam penelitian kualitatif deskriptif ini adalah 1 siswa SMA Negeri di salah satu kota di wilayah Jawa Tengah yang memiliki disposisi matematis tinggi.  Pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara.  Analisis kesalahan yang diteliti berdasarkan Newman Error Analysis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa subjek penelitian melakukan seluruh jenis kesalahan, namun paling banyak melakukan kesalahan membaca, kesalahan memahami soal, dan kesalahan keterampilan proses.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles