Kajian Penerapan Nilai-Nilai Karakter Aswaja dan Olimpisme pada Siswa

Authors

  • Yudhi Purnama Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Gedung A Pascasarjana, Jl. Kelud Utara III, Semarang 50237, Indonesia

Keywords:

nilai karakter, aswaja, olimpisme, siswa

Abstract

Pembentukan karakter sangatlah penting diupayakan untuk menghasilkan pribadi yang baik. Penanaman pendidikan karakter perlu dibiasakan dan dibudayakan khususnya pada lingkungan pendidikan di sekolah, keluarga dan masyarakat. Ironisnya, nilai-nilai karakter peserta didik sudah mulai berkurang di era modern sekarang ini dengan berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi melalui gadget. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman nilai-nilai karakter aswaja dan olimpisme siswa di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan pendekatan deskriptif kualiatif. Pengumpulan data melalui observasi dan pengisian angket oleh siswa dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase pemahaman nilai-nilai karakter aswaja adalah sebesar 76,9% sangat baik, 20,5% baik dan 2,6% cukup. Sedangkan untuk nilai olimpisme sebesar 62,8% sangat baik, 34,6% baik dan 2,6% cukup. Kesimpulannya adalah temuan penelitian penerapan nilai-nilai aswaja tercermin pada sikap saling menghormati dan tidak ada bullying (tasamuh), tidak membeda-bedakan dan bisa membaur (tawasuth), mau berbagi dan berinteraksi (tawazun), dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas (i’tidal). Sedangkan nilai olimpisme pada siswa tercermin pada semangat belajar (excellent), menghormati guru dan teman (respect) dan persahabatan antar siswa (frienship).

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles