Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Turunan Fungsi Aljabar

Authors

  • Yusuf Arkham Prihandika Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, JawaTengah 50237, Indonesia
  • Isti Hidayah Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, JawaTengah 50237, Indonesia
  • Bambang Eko Susilo Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, JawaTengah 50237, Indonesia
  • Nuriana Rachmani Dewi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, JawaTengah 50237, Indonesia

Keywords:

Analisis; Kesalahan; Soal; Turunan; Fungsi

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari pada setiap jenjang pendidikan. Peran matematika penting untuk kehidupan sehari-hari karena membentuk pola pikir siswa menjadi logis. Namun sering kali siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Kesulitan yang dialami siswa mengakibatkan kesalahan dalam memahami konsep, berhitung, dan membuat kesimpulan. Matematika dibagi menjadi empat bidang yaitu aljabar, geometri, bilangan, dan analisis. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar. Prosedur yang digunakan untuk menganalisis lembar jawab siswa adalah teori dari Newman. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas XI IPS di salah satu sekolah di Jawa Tengah. Pemilihan subjek penelitian didasarkan pada hasil tes yang telah dikerjakan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan pedoman wawancara. Validasi pada penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa cenderung mengalami kesalahan pada kesalahan keterampilan yaitu dalam perhitungan, dan kesalahan dalam menyimpulkan jawaban yang kurang sesuai. Penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya serta menjadi gambaran bagi guru untuk mengetahui kesalahan siswa.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles