Persepsi dan Pengalaman Mahasiswa Bahasa Inggris dalam Online Kolaborasi Riset Internasioal Antara Indonesia dan Philipina
Keywords:
Pengalaman dan Persepsi Mahasiswa; Berbicara Bahasa Inggris; Kolaborasi Riset InternasionalAbstract
Pengembangan pendidikan sangat terkait dengan hubungan atau kolaborasi riset internasional. Hal ini sangat terkait dengan pengembangan kurikulum terbaru di Indonesia yakni kurikulum merdeka belajar. Maka bahasa inggris menjadi sangat urgen dalam komunikasi antar Negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetetahui persepsi dan pengalaman mahasiswa tadris bahasa inggris dalam berbicara bahasa inggris dalam kegiatan online kolaborasi Riset Internasional. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian narrative. Data dalam penelitian ini menggunakan metode wanwancara. Subjek penelitian adalah Enam mahasiswa bahasa Inggris yang merupakan fasilitator penerjemah dalam kegiatan online kolaborasi riset Internasional. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa sangat senang dalam memandu kegiatan online riset internasional. Mereka sangat termotivasi dalam kegiatan tersebut sebagai wadah praktik berbicara bahasa inggris yang selama ini dipelajari. Beberapa kesulitan dalam kegiatan tersebut diataranya memahami pengucapan bahasa inggris dengan aksen yag berbeda dan juga mengatur jalannya komunikasi dikedua belah untuk tetap berjalan komunikatif dikedua belah fihak.