Peningkatan Mutu Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Platform Digital
Keywords:
peningkatan mutu; IPA Terpadu; Platform digitalAbstract
Pendidikan dasar dan menengah dihadapkan pada tantangan abad 21 yang ditandai dengan evolusi teknologi informasi dan komunikasi, globalisasi dan kebutuhan akan inovasi. Untuk menghadapi tantangan tersebut dibutuhkan sumberĀ daya manusia yang memiliki keterampilan dan kompetensi yang relevan. Perubahan kurikulum untuk menghadapi tantangan abad 21 merupakan upaya peningkatan mutu pendidikan. Untuk mempermudah guru IPA dalam melakukan peningkatan mutu pembelajaran diperlukan pengembangan model peningkatan mutu pembelajaran IPA terpadu berbasis platform digital. Tujuan penelitian adalah menganalisis model peningkatan mutu pembelajaran IPA terpadu berbasis platform digital. Metode yang digunakan adalah studi literatur. Hasil penelitian model peningkatan mutu pembelajaran IPA terpadu melalui pemanfaatan platform merdeka mengajar diawali dengan membangun budaya mutu sekolah melalui kesediaan melakukan penjaminan mutu, 2) komitmen kepala sekolah dan seluruh warga sekolah, 3) Konsistensi implementasi sistem penjaminan mutu. Kepala sekolah membangun visi bersama, menyepakati nilai-nilai, menumbuhkan komitmen dengan penyusunan kesepakatn bersama, pembiasaan refleksi dan keterlibatan orang tua. Implementasi model peningkatan mutu pembelajaran IPA terpadu berbasis platform digital melalui langkah-langkah dan inspirasi kertas kerja pembelajaran IPA terpadu yang dituangkan dalam platform digital.