Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Materi Pola Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Authors

  • Dwi Sulistyaningsih Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Budi Waluya Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Isnarto Isnarto Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia
  • Sugiman Sugiman Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia

Keywords:

pengembangan; bahan ajar; e-modul; etnomatematika; pemecahan masalah

Abstract

Era digital bahan ajar tidak hanya berbasis tektual. E-modul sebagai bahan ajar elektronik dapat membantu siswa melakukan pembelajaran secara mandiri. Selain bentuknya yang praktis E-modul yang berbasis budaya dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan e-modul berbasis etnomatematika pada materi pola bilangan serta mengetahui besarnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi (ADDIE) yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi . Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli, angket respon siswa dan guru dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli media sebesar 3,65 dengan kategori sangat valid dan validasi ahli materi sebesar 3,51 dengan kategori sangat valid, respon siswa sebesar 3,38 dengan kriteria sangat praktis dan respon guru sebesar 3,57 dengan kriteria sangat praktis. serta nilai N-Gain kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 0,49 dengan kriteria sedang

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles