Kesehatan Mental Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STIKes Bhakti Husada Mulia Pada Masa Pembelajaran Daring

Authors

  • Irmawati Mathar Program Studi DIII Perekam dan Informasi Kesehatan, STIKes Bhakti Husada Mulia. Jalan Taman Praja no 25, Madiun, Indonesia
  • Mertisa Dwi Klevina Program Studi DIII Kebidanan, STIKes Bhakti Husada Mulia. Jalan Taman Praja no 25, Madiun, Indonesia
  • Cintika Yorinda Sebtalesy Program Studi DIII Kebidanan, STIKes Bhakti Husada Mulia. Jalan Taman Praja no 25, Madiun, Indonesia

Keywords:

kesehatan mental; hasil belajar; pembelajaran daring; kecemasan, depresi

Abstract

Kesehatan mental bagi peserta didik menjadi masalah yang penting untuk diperhatikan. Penerapan model baru pada pembelajaran menjadi salah satu dampak negative bagi kesehatan mental seperti stress, kecemasan bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak kesehatan mental terhadap hasil belajar mahasiswa pada masa pembelajaran daring Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional dan dikaji secara analitik melalui analisis statistik korelasi. Jumlah sampel 193 mahasiswa. Hasil Penelitian terdapat hubungan antara tangkat kecemasan dan hasil belajar didapatkan nilai signifikasi 0.000<0.05  serta uji tingkat depresi dengan hasil belajar juga diperoleh nilai signifikasi 0.007 <0.05 yang berarti mempunyai hubungan. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa kesehatan merupakan factor yang berhubungan dengan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bermanfaat bagi perguruan tinggi dan pemerintah sebagai pembuat kebijakan karena penelitian ini memberikan pemahaman kritis tentang pembelajaran online¬, kesehatan mental dan hasil belajar mahasiswa. Pemerintah dan pengelola perguruan tinggi hendaknya memberikan layanan mahasiswa untuk meminimalkan masalah kesehatan mental di kalangan mahasiswa selama kegiatan pembelajaran daring sehingga tidak berdampak pada hasil belajar mahasiswa.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles