Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Vokasi Kesehatan Melalui Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Repetisi

Authors

  • Jeffri Ardiyanto Universitas Negeri Semarang
  • Oktia Woro Kasmini Handayani Universitas Negeri Semarang
  • Tri Joko Raharjo Universitas Negeri Semarang
  • RR Sri Endang Pujiastuti Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang

Keywords:

Metode Repetisi, Peningkatan Kompetensi, Vokasi Kesehatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pembelajaran berbasis repetisi dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa vokasi kesehatan. Metode pembelajaran berbasis repetisi dengan menggunakan software berbasis website diterapkan pada kelompok perlakuan, sementara kelompok kontrol menerima pembelajaran biasa tanpa menggunakan metode repetisi. Jumlah mahasiswa yang terlibat dalam penelitian sebanyak 49 partisipan, yang terbagi kedalam dua kelompok, 24 tanpa perlakuan dan 25 diberikan perlakukan. Data dikumpulkan melalui tes tertulis setelah perlakuan, dan dianalisis menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar antara kelompok perlakuan dan kontrol. Kelompok perlakuan yang menerima pembelajaran berbasis repetisi mengalami peningkatan yang lebih besar dalam hasil belajar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis repetisi dapat efektif meningkatkan kompetensi mahasiswa vokasi kesehatan. Penggunaan metode pembelajaran berbasis repetisi sebaiknya digunakan bersamaan dengan teknik pembelajaran lainnya yang dapat memperkaya proses belajar mengajar.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles