Studi Literatur: Peran Media Pembelajaran E- Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Jenjang Sekolah Dasar Hingga Perguruan Tinggi

Authors

  • Luthfianti Zhafarina Harmany Pengembangan Kurikulum/Pengembangan Kurikulum, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia

Keywords:

media pembelajaran; e-learning; hasil belajar; sekolah dasar; perguruan tinggi

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi pembelajaran sangat mempengaruhi perkembangan media pembelajaran yang digunakan sebagai alat utama proses membelajaran yang berlangsung. Pada era Revolusi Industri 4.0 sekarang media pembelajaran berkembang cepat dan memiliki peran yang sangat penting sebagai salah satu kunci ketercapaian tujuan pembelajaran. Media pembelajaran yang dimaksud dapat berwujud media elektronik atau mesin pembelajaran lainnya dalam memperlancar dan mempermudah belajar. Oleh sebab itu, tujuan dari studi literatur ini adalah untuk memaparkan seberapa besar peran dan pengaruh media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar peserta didik mulai dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi literatur. Hasil penelitian yang diperoleh yakni terdapat peran besar media e-learning dalam yang berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik sekolah jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Implikasi dari penelitian ini adalah sebagai salah satu saran untuk mau beralih dari media pembelajaran konvensional kepada media pembelajaran e-learning dengan manfaat yang telah dibahas dalam kajian ini.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles