Paradigma Pembelajaran Ramah Anak Terintegrasi Kolaborasi

Authors

  • Meggy Novitasari Manajemen Kependidikan, Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Sumardjoko Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Erni Suharini Manajemen Kependidikan, Universitas Negeri Semarang
  • Mintarsih Arbarini Manajemen Kependidikan, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Paradigma; Pembelajaran; Ramah anak; Kolaborasi

Abstract

Teknologi informasi menjadi ciri utama kemajuan globalisasi pendidikan. Paradigma yang berbeda, system pembelajaran yang merdeka, menyenangkan, menggembirakan, dan menenangkan juga memberikan dampak positif kemajuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan kecakapan kolaborasi pada aspek mengkomunikasikan ide dan menyelesaikan masalah secara fleksibel dalam pembelajaran ramah anak. Desain penelitian artikel ini adalah kualitatif etnografi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Sekolah Dasar Muhammadiyah Surakarta. Eksplorasi dan analisis penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) aspek mengkomunikasikan berbagai ide dengan cara ways of working yang terdiri dari latihan secara terbimbing, mandiri, terstuktur, memodifikasi untuk menyelesaikan permasalahan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran 2) aspek menyelesaikan masalah secara fleksibel, dengan menerapkan pola pikir bertumbuh (growth mindset) yang terdiri dari budaya mendemostrasikan keterampilan dan melakukan pembelajaran kontekstual/relevan. Artinya pembelajaran ramah anak terintegrasi kolaborasi pada aspek komunikasi berbagai ide dan menyelesaikan masalah secara fleksibel menjadikan peserta didik menggali pengalaman, pengetahuan dan bisa beristirahat di sela-sela pembelajaran

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles