Analisis Model Inkuiri Terbimbing terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) Berkualitas Peserta Didik SMP

Authors

  • Mutiara Nurul Lita Azizah Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sri Ngabekti Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sigit Saptono Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Endang Susilaningsih Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas; Inkuiri terbimbing; sikap kreatif; berpikir kritis; SMP/MTs

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dapat dibentuk melalui proses pembelajaran. Aktivitas student center berdampak pada pembelajaran yang lebih aktif sehingga dapat mengasah pengetahuan serta keterampilan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan guru IPA untuk mewujudkan SDM berkualitas melalui model inkuiri terbimbing. Kendala yang dihadapi diharapkan dapat diketahui agar dapat ditemukan solusi. Penelitian deskriptif kualitatif ini mengambil data dari wawancara mendalam. Penelitian diperoleh dari lima SMP di Kabupaten Banyumas pada 1 Desember hingga 30 desember 2022. Sumber data peneliti ambil dari guru SMP dan peserta didik kelas tujuh. Analisis yang digunakan adalah Miles & Huberman (2014), mulai dari reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil pengolahan data berdasarkan penelitian yang dilaksanakan yaitu sebagian besar guru menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing namun pembelajaran tersebut tidak dapat mencapai target bernalar kritis, dan gotong royong peserta didik. Faktor prediksi fakta dari permasalahan tersebut adalah 1). Penerapan model pembelajaran berorentasi terhadap kualitas hasil pembelajaran dibandingkan penerapan proses pembelajaran berbasis inkuiri yang efektif, 2) Masalah merancang perangkat pembelajaran, dan 3) Pola diawali dengan menjelaskan materi, latihan soal yang terdapat dalam sumber bacaan seperti buku cetak ataupun buku LKS. 

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles