Menilai Kemandirian Belajar Mahasiswa melalui Self-Assessment

Authors

  • Ratih Laily Nurjanah Ilmu Pendidikan Bahasa (konsentrasi Bahasa Inggris), Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Yan Mujiyanto Ilmu Pendidikan Bahasa (konsentrasi Bahasa Inggris), Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Hendi Pratama Ilmu Pendidikan Bahasa (konsentrasi Bahasa Inggris), Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Dwi Rukmini Ilmu Pendidikan Bahasa (konsentrasi Bahasa Inggris), Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

mandiri belajar; penilaian mandiri; self-assessment; ELT

Abstract

Mahasiswa diharapkan memiliki kemandirian dalam belajar. Hal ini perlu didukung dengan sistem penilaian yang sesuai. Penelitian ini bertujuan memaparkan respon mahasiswa terhadap proses self-assessment, memaparkan hasil self-assessment, dan menilai ketepatan self-assessment dalam menilai kemandirian siswa. Metode yang digunakan adalah studi kasus melalui observasi langsung. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa merespon positif proses self-assessment, memiliki kemandirian yang baik sesuai dengan kriteria pelajar mandiri, dan self-assessment dinilai tepat digunakan untuk menilai kemandirian siswa. Hasil ini diharapkan memotivasi pengajar untuk menerapkan self-assessment dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan kemandirian siswa dalam belajar. 

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles