Peran Mental Imagery dalam Membangun Literasi Matematis

Authors

  • Sebastianus Fedi S3 Pendidikan Matematika, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Gunungpati Semarang 50229 Central Java, Indonesia
  • Stefanus Budi Waluya S3 Pendidikan Matematika, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Gunungpati Semarang 50229 Central Java, Indonesia
  • Scolastika Mariani S3 Pendidikan Matematika, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Gunungpati Semarang 50229 Central Java, Indonesia
  • Iqbal Kharisudin S3 Pendidikan Matematika, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Gunungpati Semarang 50229 Central Java, Indonesia
  • Rochmad Rochmad S3 Pendidikan Matematika, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Gunungpati Semarang 50229 Central Java, Indonesia
  • Amin Suyitno S3 Pendidikan Matematika, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Gunungpati Semarang 50229 Central Java, Indonesia

Keywords:

Literasi Matematis; Mental Imagery

Abstract

Manusia mampu melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam pikirannya, seperti kata Rene Descartes: Cogito Ergo Sum. Segala sesuatu yang ada di dalam pikiran berbentuk bayangan, yang dikenal dengan mental imagery. Manusia menghadapi suatu masalah tergantung pada kemampuan membayangkan faktor-faktor yang berhubungan dengan masalah tersebut. Sementara itu, literasi matematika menuntut kemampuan untuk menerapkan matematika dalam memecahkan masalah sesuai dengan konteks kehidupan. Artikel ini menganalisis peran mental imagery dalam membangun literasi matematis. Metode penelitiannya adalah tinjauan literatur sistematis, terhadap buku atau artikel penelitian terdahulu, untuk menganalisis konsep mental imagery dan literasi matematis serta hubungan keduanya. Pembaca akan mendapat asupan teoretis, yang menjadi landasan ilmiah untuk mengoptimalkan peran mental imagery dalam pembelajaran matematika atau tindakan pendidikan modern.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles