Blended Learning as an Alternative Teaching Method in Facing the Globalization of Higher Education in Indonesia

Authors

  • Aprilia Riyana Putri Program S3 pendidikan Bahasa Inggris, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Januarius Mujiyanto Program S3 pendidikan Bahasa Inggris, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Rudi Hartono Program S3 pendidikan Bahasa Inggris, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Hendi Pratama Program S3 pendidikan Bahasa Inggris, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

Keywords:

Metode Pembelajaran, Blended Learning, Globalisasi Pendidikan tinggi

Abstract

Mengajar dan belajar tidak harus selalu di ruang kelas secara tatap muka. Dengan adanya pandemi virus covid-19 yang berlangsung sekitar tahun 2020 hingga 2022 dan hampir tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Covid-19 memberikan banyak sekali dampak serta menyadarkan seluruh masyarakat bahwa belajar dan mengajar tidak harus selalu berada di ruang kelas dengan tatap muka secara langsung. Karena kondisi tersebut, rata-rata semua instansi, perusahaan dan lembaga pendidikan melakukan pekerjaan dari rumah atau disebut work from home (WFH).  Di dunia pendidikan, mulai dari level tk, sd hingga perguruan tinggi mewajibkan proses pembelajaran dan segala administrasi dilakukan dari rumah. Sehingga blended learning menjadi salah satu alternatif metode pengajaran yang paling efektif yang di gunakan saat adanya pandemi covid-19 dan kondisi saat ini untuk menghadapi globalisasi dalam Pendidikan tinggi khususnya di Indonesia. Globalisasi adalah proses yang bisa tersebar di seluruh dunia dan tidak bisa dihindari yang bisa memberikan dampak positif maupun negatif, tinggal bagaimana kita menyikapinya dengan bijak pada semua lini termasuk pada dunia Pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah agar mengetahui bagaimana implementasi metode pembelajaran blended learning dalam pembelajaran dalam menghadapi globalisasi. Metode yang digunakan yaitu metode studi kepustakaan (literature) dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode blended learning dalam menghadapi globalisasi sangat tepat. Di era globalisasi, para pendidik baik dari kalangan guru maupun dosen seyogyanya menggunakan beragam metode menarik dan beradaptasi dengan semakin canggihnya teknologi seperti metode pembelajaran blended learning, agar proses pembelajaran berjalan secara optimal.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles