Strategi Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Manajemen Berbasis Sekolah

Authors

  • Noor Sulistiyono Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Hery Yanto Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Tri Joko Raharjo Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sandy Arif Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Prestasi Belajar dan Manajemen Berbasis Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai Strategi Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Manajemen Berbasis Sekolah di SMK Pelayaran Sinar Bahari Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ;(1) Pelaksanaan manajemen di SMK Pelayaran Sinar Bahari Palembang diantaranya semua pelaksanaaan kegiatan dilakukan secara terbuka dan selalu berkordinasi dengan komite sekolah bahkan dilibatkan baik dalam kegiatan akademik maupun non akademik. (2) Faktor pendukung yang menonjol dalam kepemimpinan kepala sekolah di SMK Pelayaran Sinar Bahari Palembang, adalah dukungan guru. (3) Pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah di SMK Pelayaran Sinar Bahari Palembang diantaranya evaluasi dilakukan setiap selesai kegiatan.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles