Penguatan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan melalui Budaya Literasi dalam Keluarga

Authors

  • Prabawati Nurhabibah Universitas Muhammadiyah Cirebon, Indonesia
  • Subyantoro Subyantoro Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Rahayu Pristiwati Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Haryadi Haryadi Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Keywords:

Membaca Menulis Permulaan; Budaya Literasi Keluarga

Abstract

Keterampilan membaca dan menulis permulaan merupakan kemampuan dasar yang penting bagi peserta didik guna membuka wawasan pengetahuan dan menjadi individu yang melek literasi. Literasi memiliki peranan yang signifikan dalam kehidupan kita dan harus diintegrasikan dengan cara komunikasi lainnya. Dalam pembelajaran, integrasi keterampilan membaca dan menulis menjadi penting bagi semua pihak yang terlibat. Integrasi keterampilan tersebut dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di segala disiplin ilmu karena mendorong mereka untuk lebih aktif terlibat dalam pembelajaran. Budaya literasi tidak hanya terbatas pada lingkup sekolah, tetapi orang tua juga perlu memulai mengembangkan budaya literasi bagi anak usia dini di rumah. Dalam penelitian ini, berbagai sumber kepustakaan seperti buku dan artikel ilmiah dianalisis untuk merumuskan cara menguatkan kemampuan membaca menulis permulaan melalui budaya literasi dalam keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai kegiatan yang dapat dirancang di rumah untuk membangun budaya literasi anak usia dini. Keaktifan orang tua sangat penting dalam upaya membangun budaya literasi untuk anak usia dini.

Downloads

Published

2023-06-20

Issue

Section

Articles