Transformasi Pendidikan dalam Mendukung Pencapaian SDGs di SMP Negeri 1 Dawe Kudus
Abstract
Transformasi pendidikan di tingkat SMP merupakan elemen penting dalam upaya mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya tujuan keempat (SDG 4), yaitu Pendidikan Berkualitas atau Quality Education. Makalah ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana transformasi pembelajaran di SMP 1 Dawe Kudus berkontribusi terhadap pencapaian SDGs melalui penerapan Kurikulum Merdeka dengan pendekatan Pembelajaran Mendalam dan Berdiferensiasi yang terintegrasi dengan Social Emotional Skills (SES), serta optimalisasi komunitas belajar guru yaitu kombel “SPENSADA PRIMA”. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi kasus kontekstual pada praktik pembelajaran, supervisi akademik, dan manajemen sekolah. Data diperoleh melalui telaah dokumen sekolah (KSP, RPP, dokumen kombel guru), observasi praktik pembelajaran, wawancara informal dengan guru, serta observasi pelaksanaan kegiatan komunitas belajar. Hasil kajian menunjukkan bahwa SMP 1 Dawe Kudus telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan pendekatan Pembelajaran Mendalam dan Berdiferensiasi yang terintegrasi SES, project-based learning, problem-based learning, discovery learning, dan kolaborasi lintas mata pelajaran. Komunitas belajar guru menjadi wadah refleksi dan inovasi pedagogis yang mendukung peningkatan kompetensi profesional serta budaya kolaboratif. Inisiatif transformasi ini berdampak pada peningkatan partisipasi aktif murid, penguatan karakter, sosial emosional, dan ketercapaian 8 Dimensi Profil Lulusan yang relevan dengan nilai-nilai SDGs seperti kesetaraan, inklusivitas, dan keberlanjutan. Dengan demikian, transformasi pendidikan di SMP 1 Dawe Kudus dapat menjadi model praktik baik bagi sekolah lain dalam mengintegrasikan tujuan pembangunan berkelanjutan ke dalam sistem pendidikan melalui inovasi kurikulum, Pembelajaran Mendalam dan berdiferensiasi terintegrasi SES, dan penguatan komunitas belajar.