Literasi Digital: Dampak dan Tantangan dalam Pembelajaran Bahasa

Authors

  • Yentri Anggeraini Universitas Baturaja, Ogan Komering Ulu, Indonesia
  • Abdurrachman Faridi Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Januarius Mujiyanto Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Dwi Anggani Linggar Bharati Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

Keywords:

Literasi Digital, Dampak, Tantangan, Pembelajaran Digital

Abstract

Perkembangan teknologi informasi secara pesat menuntut kita untuk memiliki kemampuan dasar berkaitan
dengan konsep digital itu sendiri. Kemampuan mencari sumber informasi yang bisa dipertanggungjawabkan
menjadi sangat penting ditengah percepatan teknologi digital saat ini. Dalam kontek literasi digital, setiap
orang memerlukan kemampuan untuk bisa mengakses, menganalis, mencipta, melakukan refleksi, dan
bertindak menggunakan beraneka ragam perangkat digital, berbagai bentuk ekspresi , dan strategi dalam
komunikasi. Artikel ini menyajikan gagasan awal dampak literasi digital dan tantangan dalam pembelajaran
bahasa terkait dengan penerapan literasi digital. Adapun dampak positif literasi digital dalam pembelajaran
bahasa yaitu 1) untuk membantu proses pembelajaran, 2) untuk dapat membedakan sumber-sumber belajar
yang benar, signifikan dan dapat memberikan manfaat, dan 3) untuk membuka peluang bagi guru agar lebih produktif dalam menciptakan media ajar digital. Selain itu, dalam penerapan digital literasi dalam
pembelajaran bahasa yaitu guru tidak sekedar memerlukan penguasaan kemampuan mengoperasikan
perangkat digital dan lunak saja tetapi juga memerlukan keterampilan kompleks seperti keterampilan
memproduksi, keterampilan photovisul, keterampilan hipertekstualitas, keterampilan mengevaluasi informasi, dan keterampilan socio-emosional.

Downloads

Published

2020-01-09

Issue

Section

Articles