Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Pembelajaran MEA Pendekatan Saintifik

Authors

  • Dominikus Tasekeb Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Jl,Kelud Utara III, Semarang, Indonesia
  • Wardono Wardono FMIPA Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Mulyono Mulyono FMIPA Universitas Negeri Semarang, Semarang

Keywords:

Literasi Matematika, Kemandirian Belajar, Mean-Ends Analysis, Pendekatan Saintifik, Edmodo

Abstract

Artikel konseptual ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika dalam memecahkan masalah
melalui pembelajaan Mean-Ends Analysis pendekatan saintifk ditinjau dari kemandirian belajar. Literasi
matematika merujuk pada kemampuan individu untuk memformulasikan, mengunakan, dan menginterpretasikan matematika dalam berbagai konteks. Terdapat tujuh komponen kemampuan yang terdapat dalam literasi matematika yaitu (1) komunikasi, (2) matematisasi, (3) menyajikan kembali, (4) menalar dan memberi alas an, (5) mengunakan strategi pemecahan masalah, (6) menggunakan symbol, Bahasa formal dan Teknik, (7) mengunakan alat matematika. Hasil kajian diperoleh bahwa diprediksi pembelajar mean-Ends Analysis pendekatan saintifik dengan ditinjau dari kemandirian belajar merupakan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan kemampuan literasi matematika.

Downloads

Published

2020-01-10

Issue

Section

Articles