Pengembangan Model Praktek Kerja Industri (Prakerin) berbasis Integrited Blended Learning Unit Produksi (IBL UP) SMK Pascapandemi Covid -19

Authors

  • Amin Nurita Fajar Astuti

Abstract

Tujuan dari makalah ini untuk memberikan salah satu solusi dalam implementasi Praktek Kerja Industri
pada Sekolah Menengah Kejuruan masa pascapandemi Covid-19. Praktek Kerja Industri bertujuan untuk
memenuhi tuntutan kompetensi dalam kurikulum dalam implementasi pada dunia kerja dan pengalaman
kerja. Kondisi pelaksanaan Praktek Kerja Industri pada masa pascapandemi Covid-19, terkendala dengan
adanya keterbatasan aktifitas pembelajaran secara tatap msuka langsung di satuan pendidikan. Praktek
Kerja Industri berbasis Integrited Blended Learning Unit Produksi, menjadi salah satu alternatif solusi
dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri pada masa pascapandemi Covid-19, sebagai bentuk program
Praktek Kerja Industri yang memadukan pembelajaran secara tatap muka dan daring, dan
memaksimalkan unit produksi di Sekolah Menengah Kejuruan sebagai tempat praktek peserta didik
dengan kerjasama Sekolah Menengah Kejuruan dan Industri dan Dunia Kerja. Kurikulum Praktek Kerja
Industri merupakan hasil sinkronisasi kurikulum di satuan pendidikan dan kurikulum industri

Downloads

Published

2021-02-16

Issue

Section

Articles