Efektivitas Pembelajaran IPS Berbasis Media Animasi di Era Pandemi Covid-19
Keywords:
Pembelajaran IPS, Media Animasi, Covid-19Abstract
Pandemi Covid-19 mempengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan, tak terkeccuali aspek pendidikan. Dampak dari pandemi Covid-19 pada aspek pendidikan adalah mengharuskan keegiatan belajar mengajar tetap berjalan meskipun peserta didik berada di rumah. Sehingga pendidik dituntut untuk mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mempelajari dan memahami penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran online masa Covid-19. Hasil kajian ilmiah ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi berbasis media animasi dalam pembelajaran online di masa Covid-19 ini menimbulkan berbagai tanggapan dan perubahan yang mempengaruhi proses pembelajaran serta tingkat perkembangan peserta didik dalam merespon materi yang disampaikan. Sehingga dapat ditarik sebuh benang merah bahwa pembelajaran berbasis media animasi dirasa cukup efektif dalam pembelajaran IPS baik disaat pandemic covid-19 bahkan pasca pandemic covid-19.