Tantangan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Seni Budaya pada Tingkat SMP dari Sudut Pandang Manajemen Pendidikan

Authors

  • Frihastyayu Bintyar Mawasti Universitas Negeri Semarang

Keywords:

proses, guru, pembelajaran seni budaya, struktural fungsional, manajemen pendidikan

Abstract

Pembelajaran seni budaya di tingkat satuan pendidikan SMP sering kali menimbulkan gejolak terkait dalam proses pembelajaran. Guru seni budaya terkadang diharuskan mengajar tiga materi sekaligus, yaitu seni tari, seni musik, dan seni rupa yang notabene tidak semua merupakan bidang ilmu yang digeluti akibat dari ketidaktersediaan tenaga pendidik di sekolah dan untuk mengatasi minimnya biaya untuk gaji guru seni budaya yang honorer. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan struktural fungsional. Tujuan penulisan artikel ini yakni ingin mengetahui bagaimana praktik penyelenggaraan pendidikan seni budaya pada tingkat SMP dari perspektif manajemen pendidikan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa guru seni budaya di tingkat SMP yang mengajar tiga bidang dalam mata pelajaran Seni Budaya dapat menyampaikan materi dengan baik dengan mengikuti kegiatan pengembangan guru disertai dengan pengintegrasian kepala sekolah masing-masing. Artikel ini diharapkan dapat memberikan gambaran baru mengenai pengelolaan sistem pengajaran seni budaya di sekolah sehingga dapat membantu mengatasi problematika yang diakibatkan oleh minimnya biaya untuk pengadaan guru seni budaya di sekolah, khususnya tingkat SMP.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles