Optimalisasi Kompetensi Kearifan Lokal Seni Karawo Siswa SMK Program Keahlian Kriya Tekstil Melalui Praktik Kerja Industri (Studi Kasus di Industri Karawo’Q)

Authors

  • Mursidah Waty Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

kompetensi, seni karawo, praktek kerja industri.

Abstract

Artikel bertujuan mengetahui optimalisasi kompetensi siswa SMK Program Keahlian Kriya Tekstil melalui Praktek Kerja Industri sebagai penguatan keahlian berciri khas kearifan lokal. Di era teknologi kearifan lokal terkhusus seni karawo dianggap kurang praktis dan rumit, sehingga kurang diminati oleh generasi muda. Hal ini dikarenakan kearifan lokal ini masih bersifat handmade yang belum dapat tergantikan alat teknologi dalam proses pengerjaan. Lembaga Pendidikan menjadi salah satu wadah yang diharapkan guna mendekatkan generasi muda pada nilai-nilai tradisi dan budaya. SMK Negeri 2 Gorontalo melalui program pendidikan sistem ganda bekerja sama dengan dunia usaha/industri mencoba menjawab tantangan tersebut. Upaya yang dilakukan dengan mengoptimalkan  kompetensi siswa guna mendalami kearifan lokal di salah satu industri kerajinan karawo melalui Praktek Kerja Industri. Adapun metode yang digunakan deskriptif  kualitatif bertujuan untuk mengungkap makna dibalik fenomena/gejala yang sedang dikaji. Tahapan dimulai dengan menelaah konsep pendidikan sistem ganda yang diterapkan SMK Negeri 2 Gorontalo melalui Praktek Kerja Industri (Prakerin), serta mengidentifikasi potensi-potensi siswa mengenai kearifan lokal seni karawo. Hasilnya diharapkan siswa mampu menjadi SDM yang profesional dan menjadi sebuah kompetensi yang memiliki nilai ciri khas dari mana mereka berasal.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles