Akuntabilitas Kepala Sekolah dalam Fenomena Manajemen Sekolah di SD Al Badar Menghadapi Era Abad 21

Authors

  • Arif Hidajad Sendratasik Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

akuntabilitas, era 21, manajemen.

Abstract

Di abad 21, banyak tantangan yang harus dihadapi. Termasuk dunia pendidikan yang membutuhkan sumber daya manusia yang adaptif, melek teknologi, dan terampil. Ada tiga pilar (Tri centra) untuk mewujudkan SDM dalam menjawab tantangan tersebut, yaitu pemerintah, sekolah, dan masyarakat. Sekolah merupakan komunitas terkecil dengan akuntabilitas kepala sekolah yang menjadi pilar penentu sekolah menghasilkan produk siswa sesuai tuntutan pembelajaran abad 21. Manajemen berbasis sekolah adalah penerapan manajemen yang pelaksanaannya bertumpu pada partisipasi warga sekolah. Dengan demikian sumber daya pendukung menjadi sesuatu yang sangat penting, mengingat setiap lembaga pendidikan diberikan otonomi dalam pengelolaannya, baik sumber daya manusia, sumber keuangan, maupun sumber daya lingkungan. SD Islam Al Badar memiliki kemampuan adaptif dengan penerapan manajemen berbasis sekolah dalam menghadapi era 21. Sebagai bagian dari sumber daya di lembaga, tentunya memiliki strategi dalam mengelola lembaga sehingga menjadi sekolah dasar rujukan bagi siswa baru sekaligus sekolah literasi berbasis agama. Bagaimana SDI Al Badar menjawab tantangan abad 21 dalam mengembangkan sumber daya manusianya? Tulisan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan literasi dan wawancara secara online dengan kepala sekolah dan guru sebagai narasumber. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa sumber daya kepala sekolah memiliki kapasitas kepemimpinan dalam mengelola lembaga pendidikan Islam.

Downloads

Published

2022-01-03

Issue

Section

Articles