Analisis Kompetensi Pedagogis Calon Guru Matematika pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Nurina Hidayah Universitas Negeri Semarang

Keywords:

calon guru matematika, kompetensi pedagogis, pembelajaran daring.

Abstract

Pandemi Covid-19 sedang melanda seluruh dunia yang memberikan dampak besar dalam pendidikan. Hal ini menjadi tantangan bagi calon guru matematika yang telah menyelesaikan mata kuliah microteaching untuk bisa menerapkan secara langsung teori yang diperoleh ke sekolah mitra. Selain itu kompetensi guru yang cukup berpengaruh dalam pembelajaran daring ataupun blended yaitu kompetensi pedagogis. Karena beralihnya tatap muka di kelas secara langsung bergeser menjadi tatap maya di kelas-kelas virtual. Oleh karena itu, calon guru matematika perlu menguasai aspek-aspek yang ada dalam kompetensi pedagogis tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 29 subjek penelitian. Subjek penelitian yang digunakan yaitu calon guru matematika atau mahasiswa praktikan pengenalan lingkungan persekolahan (PLP) FKIP Universitas Pekalongan. Hasil yang diperoleh yaitu dari 7 aspek kompetensi pedagogis calon guru matematika telah menguasai semua dengan baik. Meskipun banyak kendala yang dihadapi, seperti jaringan internet dan kuota serta kendala teknis lainnya. Selanjutnya perlu diteliti lebih mendalam terkait materi ajar beserta rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan calon guru dalam melaksanakan pembelajaran secara daring atau blended.

Downloads

Published

2022-01-03

Issue

Section

Articles