Pengembangan Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran

Authors

  • Nursiwi Nugraheni Universitas Negeri Semarang
  • YL Sukestiyarno Universitas Negeri Semarang
  • Wardono Wardono Universitas Negeri Semarang
  • Masrukan Masrukan Universitas Negeri Semarang

Keywords:

keterampilan berpikir

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana mengembangkan keterampilan berpikir dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka. Kemampuan pembelajar untuk mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, serta mengkreasi dinamakan keterampilan berpikir. Kegiatan tersebut berkaitan erat dengan ingatan jangka pendek (STM) dan ingatan jangka panjang (LTM). Keterampilan berpikir siswa dapat ditingkatkan dengan latihan yang sering. Perasaan senang berpengaruh kepada proses peningkatan kemampuan kognitif siswa. Guru perlu mengemas pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Aktivitas yang dilakukan dalam pengembangan keterampilan berpikir level tinggi adalah penggalian informasi yang penting, pengajuan dugaan, melakukan inkuiri, pembuatan konjektur, pencarian alternatif, pengambilan kesimpulan.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles