Pengembangan Disposisi Matematis melalui Konstruksi Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika Realistik

Authors

  • Ratri Rahayu Universitas Negeri Semarang
  • Kartono Kartono Universitas Negeri Semarang
  • Dwijanto Dwijanto Universitas Negeri Semarang
  • Arief Agoestanto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

akomodasi, asimilasi, disposisi matematis, konstruksi pemecahan masalah, PMRI.

Abstract

Disposisi matematis memegang peranan penting dalam menunjang keberhasilan siswa untuk memecahkan masalah. Salah satu pembelajaran yang dapat menunjang pengembangan disposisi matematis dan konstruksi pemecahan masalah siswa yaitu pendekatan Pembelajaran Realistik Matematika Indonesia (PMRI). Melalui PMRI siswa dapat membangun konsep/prinsip matematika dengan kemampuannya sendiri melalui proses asimilasi dan akomodasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pendekatan PMRI dalam rangka pengembangan disposisi matematis dan konstruksi pemecahan masalah berbasis teori Piaget. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi. Peneliti mengumpulkan informasi bersumber dari jurnal, prosiding, buku, dan literatur lainnya yang berisi mengenai teori dan data yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disposisi matematis dapat ditumbuhkan melalui tahapan PMRI antara lain: memahami masalah kontekstual, menyelesaikan masalah, membandingkan dan mendiskusikan jawaban, serta penarikan kesimpulan. Melalui penyajian masalah sehari-hari dapat membantu siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan mereka secara lebih baik.

Downloads

Published

2022-01-03

Issue

Section

Articles