Proses Berpikir Geometris Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri

Authors

  • Trimurtini Trimurtini Universitas Negeri Semarang
  • SB Waluya Universitas Negeri Semarang
  • YL Sukestiyarno Universitas Negeri Semarang
  • Iqbal Kharisudin Universitas Negeri Semarang

Keywords:

berpikir geometris, deduktif, masalah geometri.

Abstract

. Masalah geometri masih dianggap sulit oleh mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), padahal materi geometri diajarkan di setiap level pendidikan dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengetahuan konseptual dan prosedural serta proses berpikir geometris pada mahasiswa PGSD level deduktif dan informal deduktif dalam menyelesaikan masalah geometri. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif,  dengan lima orang mahasiswa semester 6 sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan dengan tes awal, tes uraian dan wawancara. Analisis data kualitatif yang digunakan adalah interaktif model menurut Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan tiga mahasiswa berada pada level deduktif memiliki pengetahuan konseptual dan prosedural yang benar, baik dan lengkap. Mahasiswa pada level deduktif mampu menalar dengan baik dari permasalahan geometri yang dihadapi dan menunjukkan proses pemecahan masalah geometri yang runtut dan masuk akal. Sedangkan mahasiswa pada informal deduktif, analisis dan visualisasi menunjukkan berpikir yang rumpang dan proses pemecahan masalah yang kurang terorganisasi. Simpulan penelitian ini adalah mahasiswa level deduktif telah memiliki pengetahuan konseptual dan prosedural dalam geometri yang memadai untuk digunakan dalam menyelesaikan masalah geometri.

Downloads

Published

2022-01-03

Issue

Section

Articles