Pemahaman Konseptual dan Prosedural Matematis dalam Pembelajaran Kontekstual

Authors

  • Sri Solihah Universitas Negeri Semarang
  • Kartono Kartono Universitas Negeri Semarang
  • Dwijanto Dwijanto Universitas Negeri Semarang
  • Scolastika Mariani Universitas Negeri Semarang

Keywords:

pemahaman konseptual matematis, pengetahuan prosedural, pembelajaran kontekstual.

Abstract

. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan konseptual matematis siswa menyelesaikan masalah kontekstual. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif.  Data dianalisis berdasarkan enam indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hampir semua siswa cenderung tidak dapat menyatakan ulang suatu konsep yang telah dipelajari; eberapa siswa mampu menggunakan, memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu untuk menyelesaikan soal; Hanya siswa yang berkemampuan awal matematis rendah yang belum mampu menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis; Hampir semua siswa cenderung belum mampu mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari konsep yang telah dipelajari; dan Hanya siswa yang berkemampuan awal matematis tinggi yang mampu memberikan contoh atau bukan contoh dari suatu konsep; dan Hanya siswa yang berkemampuan awal matematis tinggi yang mampu mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah.

Downloads

Published

2022-01-03

Issue

Section

Articles