Penerapan Pembelajaran Blended Learning Terhadap Kemampuan Spasial Mahasiswa

Authors

  • Henry Suryo Bintoro Universitas Negeri Semarang
  • Y.L. Sukestiyarno Universitas Negeri Semarang
  • Mulyono Mulyono Universitas Negeri Semarang
  • Walid Walid Universitas Negeri Semarang

Keywords:

blended learning, geometri, kemampuan spasial.

Abstract

Kemampuan spasial mempunyai peran untuk membantu mengingat, berkomunikasi, memahami, dan bernalar tentang hubungan antar objek yang direpresentasikan dalam ruang. Salah satu usaha untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami kemampuan spasial yaitu materi harus dikemas dengan baik dan pembelajaran dilaksanakan secara daring dan luring. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari penggunaan pembelajaran blended learning terhadap kemampuan spasial mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes kemampuan spasial. Analisa data yang digunakan adalah independent sample t-test. Uji prasyarat dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pembelajaran blended learning materi geometri menghasilkan kemampuan spasial yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional.  Hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan spasial mahasiswa pada kelas eksperimen dikategorikan tinggi dengan skor rata-rata sebesar 70,93. Sementara pada kelas kontrol lebih rendah dengan rerata skor sebesar 53,79

Downloads

Published

2022-01-03

Issue

Section

Articles