Systematic Literature Review : Proses Berpikir Aljabar pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Arie Purwa Kusuma Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kusuma Negara, Jakarta
  • Stevanus Budi Waluya Universitas Negeri Semarang
  • Isti Hidayah Universitas Negeri Semarang
  • Rochmad Rochmad Universitas Negeri Semarang

Keywords:

berpikir aljabar, mahasiswa, siswa, model pembelajaran

Abstract

Menanggapi kesulitan dalam permasalahan aljabar, banyak studi yang memaparkan tentang  berpikir aljabar di tingkat satuan pendidikan sebagai jalan  menuju aljabar. Beberapa penelitian menunjukkan kesulitan peserta didik dengan pemikiran aljabar dan tantangan guru dalam menciptakan konteks yang mendukung kemampuan berpikir aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur tentang berpikir aljabar. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan mereview semua artikel mengenai berpikir aljabar  yang diterbitkan dalam kurun waktu  2015-2021. Artikel menyajikan teori yang didasarkan pada konstruktivis tentang praktik yang saling bergantung yang mendukung kemampuan berpikir aljabar. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 12 artikel jurnal internasional dan 11 artikel nasional terakreditasi yang diperoleh dari database,  Sciencedirect, Google Scholar, Mendeley menggunakan aplikasi Publish or Perish. Berdasarkan penelitian ini didapatkan Effect size tinggi diperoleh pada kategori partisipan tingkat SMP yang berupa penerapan model pembelajaran yang digunakan dalam peningkatan kemampuan berpikir aljabar siswa SMP.

Downloads

Published

2022-01-03

Issue

Section

Articles