Deskripsi Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar berdasarkan NEA

Authors

  • Erina Siskawati Universitas Negeri Semarang
  • Zaenuri Zaenuri Universitas Negeri Semarang
  • Budi Waluyo Universitas Negeri Semarang
  • Iwan Junaedi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

kesalahan siswa, memecahkan masalah, aljabar, NEA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan  soal matematika problem solving materi aljabar berdasar Newman Error Analysis (NEA) beserta scaffoldingnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Asy-Syifa Balikpapan pada kelas VII. Data hasil tes dijadikan sebagai data awal. Selanjutnya dilakukan wawancara terhadap empat subjek penelitian dan diberi scaffolding bila melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal problem solving materi aljabar Subjek penelitian sebanyak 4 siswa, dua putri (AR dan MMS) dan dua putra (MFS dan MMS). Metode pengambilan data adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian adalah kesalahan reading yang dilakukan subjek pada soal nomor empat. Subjek  melakukan kesalahan transformasion pada soal nomor satu dan tiga. Kesalahan yang dilakukan subjek pada process skill untuk soal nomor dua. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil analisis bentuk-bentuk kesalahan siswa MTs Asy-Syifa Balikpapan kelas VII dalam menyelesaikan soal problem solving materi Aljabar berdasar Newman Error Analysis (NEA) adalah pada tahapan membaca (reading), yaitu siswa tidak menuliskan yang diketahui dengan benar. Pada tahapan transformasion (pemahaman), subjek salah dalam menuliskan rumus yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal. Pada tahap process skill (kemampuan proses) subjek masih melakukan kesalahan yaitu tidak melakukan tahapan matematis, salah dalam memanipulasi variabel atau bilangan, dan mengoperasikan aljabar.

Downloads

Published

2022-01-03

Issue

Section

Articles