Dukungan Guru untuk Kemampuan Komunikasi Matematis siswa dalam Pembelajaran Matematika Realistic Mathematics Education
Keywords:
komunikasi matematis, dukungan guru, realistic mathematics educationAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa masih rendah pada aspek komunikasi matematis. Dukungan guru dapat membantu siswa untuk mengeksplor komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika di kelas. Pendekatan pembelajaran realistic mathematics education dapat membantu siswa dalam mengeksplorasi ide-ide matematis dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa melalui indikator written text, yaitu memberikan jawaban dengan menggunakan bahasa sendiri, membuat model situasi atau persoalan menggunakan lisan, tulisan, konkrit, grafik dan aljabar, menjelaskan dan membuat pertanyaan tentang matematika yang telah dipelajari, mendengarkan, mendiskusikan, dan menulis tentang matematika, membuat konjektur, menyusun symbol dan generalisasi, drawing, yaitu merefleksikan benda-benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide-ide matematika, mathematical expression, yaitu mengekspresikan konsep matematika dengan menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa di SMP Negeri 1 Bunga Raya sebanyak 31 orang siswa. Hasil penelitian ini adalah analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada level tinggi 83,8%, sedang 12,9%, dan rendah 3,3%.